SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Layar OLED iPhone 8 Jadi Rebutan Samsung LG dan Sharp
Layar OLED iPhone 8 Jadi Rebutan Samsung LG dan Sharp

Layar OLED iPhone 8 Jadi Rebutan Samsung LG dan Sharp. iPhone 8 mendatang akan dibekali layar OLED oleh Apple. Samsung, LG dan Sharp dilaporkan rebutan untuk memasok panel OLED sebanyak mungkin untuk Apple.

Kolom Gadget – Ada beberapa perusahaan yang menjadi pemasok layar terbesar di dunia ini, sebut saja Samsung, LG dan Sharp. Ketiganya bersaing untuk menjadi pemasok layar di banyak perangkat di dunia, terutama perangkat smartphone.

Apple, dengan iPhone miliknya yang laris manis bak kacang goreng tentu menjadi rebutan banyak perusahaan saat Apple membutuhkan pemasok layar untuk ponsel mereka. Bahkan iPhone 8 mendatang, yang kabarnya akan menjadi pertama kalinya Apple menggunakan layar OLED di ponsel mereka, sudah  jadi rebutan banyak perusahaan pemasok layar yaitu Samsung dan LG, juga mungkin ikut dalam pertempuran adalah Sharp.

Sharp sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa Apple memang berencana beralih ke layar OLED untuk iPhone tahun depan. Hal ini disampaikan oleh CEO baru Sharp Tai Jeng-wu saat berbicara di depan mahasiswa ketika ia diberi gelar doktor kehormatan dari Tatung University.

Namun saat itu, ia tidak mengatakan bahwa Sharp adalah salah satu pemasok layar OLED untuk iPhone mendatang, ia hanya mengatakan bahwa perusahaannya akan membangun fasilitas manufaktur OLED baru di Jepang. Fasilitas yang sama juga akan dibangun di Amerika Serikat jika pelanggan utama mereka memintanya. Tidak jelas siapa “pelanggan utama” yang dimaksud, namun kemungkinan adalah Apple.

Sementara itu LG Display memang sudah berinvestasi untuk panel OLED, bahkan perusahaan ini telah meningkatkan fasilitas produksinya dengan menginvestasikan sebesar USD 1.75 miliar untuk meningkatkan produksi panel OLED fleksibel tahun depan.

Samsung Display, juga dilaporkan sudah menginvestasikan USD 5.15 miliar untuk fasilitasnya sejak jauh-jauh hari, atau tepatnya awal tahun ini hingga kuartal 3 2016. Samsung bahkan akan meningkatkan nilai investasinya untuk layar OLED tahun ini sebesar USD9,7 miliar, seperti dilansir dari Softpedia.

Apple sendiri bisa menjual 200 juta iPhone tiap tahun. Bahkan meski hanya setengah dari iPhone yang menggunakan layar OLED, setidaknya Apple harus memesan 100 juta panel OLED setiap tahunnya.