SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Telkomsel Tembus 1 Gbps Dalam Uji Coba 5G
Telkomsel Tembus 1 Gbps Dalam Uji Coba 5G

Telkomsel Tembus 1 Gbps Dalam Uji Coba 5G. Belum lama Peluncuran Jaringan 4G, kini Telkomsel sudah melakukan uji coba Jaringan 5G. Telkomsel memakai vendor jaringan Huawei untuk menguji coba teknologi jaringan seluler yang memiliki kecepatan akses data hingga 1 Gbps.

Direktur utama Network Telkomsel Sukardi Silalahi berujar, uji coba ini dimaksudkan sebagai persiapan dari Telkomsel sebelum nantinya memasuki era 5G. Karena secara teori, teknologi 5G mampu menyajikan kecepatan lebih dari 1 Gbps.

“Uji coba teknologi 1 Gbps ini merupakan salah satu tahap menuju implementasi teknologi 5G di Indonesia. Kesiapan dalam uji coba 1 Gbps ini mempertegas komitmen dari Telkonsel untuk selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan roadmap teknologi broadband terkini,” ujar Sukardi di Grapari Telkomsel PIM 3, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Untuk bisa menembus kecepatan 1 GBps, Telkomsel dan huawei menggabungkan teknologi antena 4×4 Mutiple-Input Multiple-Output (MIMO), teknologi modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM), dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA). Dijelaskan oleh Sukardi, teknologi LAA ini memungkinkan penggunaan spektrum unlicensed 5,8 GHz dengan pita lebar 40 MHz (WiFi) sebagai tambahan di samping spektrum LTE Utama.

Diketahui ketiganya adalah elemen yang didukung oleh Huawei sebagai penyedia perangkat jaringan telekomunikasi. Dengan inovasi tersebut, Deputy CEO Huawei Indonesia Sun Xiwei menganggap pengalaman konsumen dalam mengakses data akan jauh lebih kaya.

“Ini menandai awal lingkungan internet berkecepatan gigabyte per second (Gbps) di mana konsumen akan menikmati pengalaman mobile broadband yang lebih baik dan cepat,” ucap Sun di hadapan juru warta.

Saat ini wacana penggunaan jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan. Menurut Telkomsel, penerapan teknologi tersebut masih butuh waktu. Wakil Presiden Bidang Teknologi and Sistem Telkomsel Ivan Cahya Pernama memperkirakan jaringan 5G baru akan berjalan penuh secara komersial pada 2020 mendatang.

Proses uji coba dilakukan secara bertahap. Ketika hanya menggunakan teknologi 4×4 MIMO, kecepatan yang diperoleh tembus 350 Mbps. Kecepatan ini masih bisa dirasakan oleh ponsel-ponsel dengan kategori jaringan CAT 9.

Ponsel-ponsel yang dimaksud memang masih sebatas ponsel kelas high-end, semisal iPhone 7 dan keluarga Galaxy S7. Namun ketika ditest dengan menggunakan gabungan ketiganya, ponsel belum siap, karena untuk bisa menjalankannya dibutuhkan posel dengan teknologi jaringan CAT 11, dimana belum beredar di pasaran indonesia saat ini.

“Untuk handsetnya sendiri memang belum ada di Indonesia, namun kami (Telkomsel) sudah siap dengan teknologinya, berjaga-jaga jika nantunya handset sudah datang kita udah siap,” tandas Sukardi.