SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Bubur Suro Makanan Khas Para Warok Ponorogo
Bubur Suro Makanan Khas Para Warok Ponorogo

Bubur Suro Makanan Khas Para Warok Ponorogo. Tidak hanya memiliki kesenian Reog yang sudah mendunia, Ponorogo juga memiliki makanan khas yakni bubur suro. Meski makanan ini tidak terkenal, dalam penyajiannya berbeda dengan lainnya.

Dengan mengenakan pakaian lengkap penadon dan baju Reog, mereka lihai membuat berbagai menu masakan yang membuat para pengunjung ketagihan. Bujang Ganong terlihat lihai mengolah sambal untuk pelengkap menu masakan disebuah tempat makan yang ada di Jalan Kumbokarno, Kecamatan Kota, Ponorogo.

Makanan khas tokoh warok Ponorogo dengan rasa super pedas  ini, sengaja disediakan dalam perayaan bulan suro. Hal ini dilakukan untuk melestarikan menu masakan peninggalan nenek moyang yang hanya bisa di jumpai setiap satu muharam saja.

Sepintas bubur ini seperti bubur ayam biasa yang sering dinikmati. Namun yang membedakan dengan bubur suro terdapat bumbu dan bahan-bahan tradisional. Seperti telor puyuh, kering pecut, dan taburan kacang tanah diatas bubur.

Selain menu masakan yang spesial, ada penari jhatil dan prabu kelono sewandono yang mengantarkan masakan membuat para pengunjung merasa menarik dan unik. Hal ini dilakukan pemilik rumah Nur Isnani Fardina pemilik rumah makan untuk memberikan kesan unik serta melestarikan budaya daerah Ponorogo, yakni kesenian Reog.

“Untuk menikmati satu porsi bubur suro ini, pengunjung hanya dibandrol Rp 15 ribu dengan air minum es tape yang menjadi pasangan untuk menghidang bubur suro,” kata Nur Isnani.

Di Rumah Makan Mbok Mingkem ini, pemilik juga menyediaknan menu ayam bakar setan. Yakni ayam dibakar dengan menggunakan bumbu super pedas. Nah bagaimana, anda tertarik silahkan datang dan nikmati bubur suro yang hanya disajikan saat bulan suro. (pojokpitu.com)