SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Dalam 2 Hari Pacitan Diguncang Gempa 2 Kali
Dalam 2 Hari Pacitan Diguncang Gempa 2 Kali

Dalam 2 Hari Pacitan Diguncang Gempa 2 Kali. Gempa tektonik mengguncang Pacitan sebanyak dua kali dalam dua hari berturut-turut dengan kekuatan masing-masing 3,9 skala Richter dan 6,5 skala Richter.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, gempa berkekuatan 3,9 SR mengguncang Pacitan pada Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 23.23 WIB. Gempa bumi berada di kedalaman 10 km dan berlokasi 203 km selatan Pacitan.

Sedangkan gempa tektonik dengan kekuatan 6,5 SR berpusat di Subang, Jawa Barat pada Rabu (19/10/2016) sekitar pukul 07.25 WIB. Meski berpusat di Subang, gempa itu dirasakan warga Pacitan dengan getaran cukup kuat.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Ratna Budiono, mengatakan data yang diperoleh dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat menyebutkan gempa yang mengguncang Subang, Jawa Barat, itu terjadi pada pukul 07.25 WIB dengan kekuatan 6,5 SR dan episenter terletak pada koordinat 5.29 LS dan 108.00 BT pada kedalaman 654 km.

Dia mengatakan peta tingkat guncangan dirasakan di daerah Pacitan, Laingping, Citeko, Bogor, Lembang, Pelabuhan Ratu, Bantul, Trenggalek, Cilacap, Bantul, Liwa, Padang, dan Kepahiang dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

Masyarakat diminta agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dalam akibat aktivitas sesar/subdukasi dalam lempeng.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir utara Jawa diimbau tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata dia.

Peristiwa gempa bumi yang berpusat di Subang itu dirasakan sejumlah warga Pacitan dan menjadi obrolan di grup Facebook Obrolane Wong Pacitan, Rabu pagi. Akun Facebook Amelya Ananda Sinta, sekitar pukul 08.00 WIB, mengunggah informasi di grup tersebut Pacitan diguncang gempa bumi. “Sek ngantuk malah digoyang gempa,” tulis dia. (madiunpos)