SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Bermodal Lidi Korek Api Orang Ini Berhasil Bobol Puluhan ATM Di Jawa Timur
Bermodal Lidi Korek Api Orang Ini Berhasil Bobol Puluhan ATM Di Jawa Timur

Bermodal Lidi Korek Api Orang Ini Berhasil Bobol Puluhan ATM Di Jawa Timur. Sepandai pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga, ibarat itu persis dengan Jumadi bin Kaul (40), dan Hamdan Puji Astono bin Kartono (22) residivis pencuri uang spesialis mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang meresahkan nasabah bank di 11 kota di Jatim.

Jumadi warga warga Desa Montongrejo RT02/RW01, Kecamatan Welen, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dan Hamdan Puji Astono warga Dukuh Tulung RT 03/RW04, Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan ini ditangkap Polisi Reserse Mobile (Resmob) Satreskrim Polres Magetan saat membobol ATM Bank Jatim di Jalan Monginsidi, Kecamatan/Kabupaten Magetan.

Terakhir kali pasangan ini menguras rekening korban milik Sulastri, PNS warga Desa Candirejo RT 02/RW01, Kecamatan/Kabupaten Magetan yang disimpan di Bank Jatim sebesar Rp 4,5 juta.

Ketika itu, PNS di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan ini berniat mengambil sebagian tabungan lewat mesin ATM di Jalan Mongisidi, Magetan.

Saat korban ini memasukan kartu ATM nya di mesin uang milik Bank Jatim itu, kartu yang dimasukan macet didalam mesin itu.

Pada saat bersamaan, Jumadi salah seorang tersangka pura pura juga mau mengambil uang, menyarankan agar korban menelepon nomor Bank Jatim yang tertera di stiker di mesin ATM itu, untuk memblokir rekeningnya.

“Pasangan ini punya peran masing masing, satu tersangka berada di tempat mesin ATM, satu tersangka penerima telepon berperan sebagai petugas gangguan Bank Jatim. Jadi stiker gangguan yang ditempel di mesin ATM itu yang menempel kedua tersangka,”kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Magetan AKP Partono didampingi Kasubbag Humas setempat AKP Stevanus Suyatni kepada Surya.co.id, Senin (17/10/2016).

Dikatakan AKP Partono, Jumadi dan Hamdan Puji Astono ini ketemu di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Ponorogo dalam kasus yang sama, pencurian disertai pemberatan (curat) uang di mesin ATM.

Tapi, track record Jumadi jauh di atas Hamdan. Karena Jumadi ini sudah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) di 11 Polres di Jatim.

“Kedua tersangka kami tangkap di Jombang, setelah dilaporkan korban yang tabungannya di Bank Jatim dikuras lewat mesin ATM di Jalan Mongisidi, Magetan,”kata AKP Partono.

Menurut AKP Partono, tersangka Jumadi pelaku kriminal kuras ATM sudah profesional dan terlibat di 11wilayah hukum Polres di Jatim.

Sedang tersangka Hamdan ini masih pemula. Diduga tersangka Hamdan baru terlibat di Magetan dan Ponorogo. Kuras mesin ATM ini jaringan atau sudah sindikat.

Ke-11 kota yang ATM banknya di kuras Jumadi, yakni Magetan tiga tempat kejadian perkara (TKP), Lumajang empat TKP, Tuban satu TKP, Probolinggo Kota satu TKP, Jember satu TKP, Malang Kota satu TKP, Pacitan satu TKP, Tulungagung dua TKP, Banyuwangi tiga TKP, Ngawi satu TKP, dan Ponorogo satu TKP.

Dari kedua tersangka, Polisi berhasil mengamankan buku tabungan Bank Jatim atasnama Sukastri, alamat Candirejo, Magetan, uang tunai Rp 489.000, empat lembar stiker bertuliskan layanan info Bank Jatim, satu kotak korek api, pisau cutter, satu batang handphone hitam, gunting, kartu ATM, dua gergaji besi, satu kartu ATM Bank Jatim, mobil station warna hitam.

“Kedua tersangka kami jerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 4 KUHP subsider pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara tujuh tahun,”tandas AKP Partono.