SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Pantai Banyu Tibo Pacitan, Pantai Dengan Air Terjun yang Menarik
Pantai Banyu Tibo Pacitan, Pantai Dengan Air Terjun yang Menarik

Pantai Banyu Tibo Pacitan, Pantai Dengan Air Terjun yang Menarik. Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah tempat wisata indah. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Goa ini tak hanya terkenal dengan wisata Goanya saja, tapi juga wisata pantainya. Selain pantai Klayar yang terkenal, masih ada lagi pantai Banyu Tibo yang unik.

Ya, pantai Banyu Tibo ini memiliki fenomena unik yang jarang ditemui di pantai lain yaitu adanya sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Oleh karena itu, nama pantai ini dinamakan Banyu Tibo. Banyu dalam bahasa Jawa berarti air dan Tibo berarti jatuh.

Selain pasir putihnya yang halus, Pantai Banyu Tibo juga memiliki ombak yang cukup besar. Jadi bagi Anda yang ingin berenang, disarankan untuk berhati-hati atau tidak melakukannya. Tapi jangan kecewa dulu, sebagai gantinya karena tidak bisa berenang, Anda bisa bermain dibawah guyuran air terjun.

Lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 21 km dari Alun-alun Pacitan.

Akses dan Rute Menuju Pantai Banyu Tibo

Akses menuju Pantai Banyu Tibo tidak terlalu sulit dan belum ada transportasi umum yang menuju ke pantai. Untuk anda yang ingin datang ke pantai Banyu Tibo Pacitan, bisa mengambil rute sebagai berikut :

  • Rute dari Kota Pacitan : Kota Pacitan – Jalan Nasional 3 – Jalan Pacitan Donorejo – Pertigaan Punung – belok kiri hingga menuju ke lokasi Pantai Banyu Tibo.
  • Rute ke Pantai Banyu Tibo dari Solo dan Yogyakarta : Yogyakarta – Solo – Jalan Raya (Wonogiri-Pacitan) – belok kanan arah pantai Klayar – masuk ke jalan desa kurang lebih 12 km – tiba di Desa Widoro.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Di sekitar kawasan wisata pantai Banyu Tibo sudah ada beberapa fasilitas pendukung diantaranya area parkir, warung makanan, kamar mandi dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo Pacitan

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata pantai Banyu Tibo, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yaitu:

  • Anak-anak : Rp 2.000 (hari biasa) dan Rp 3.000 (hari libur)
  • Orang Dewasa : Rp 3.000 (hari biasa) dan Rp 5.000 (hari libur)