SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Mengapa Kita Merasa Mengantuk Setelah Makan
Mengapa Kita Merasa Mengantuk Setelah Makan

Mengapa Kita Merasa Mengantuk Setelah Makan. Kantuk setelah makan merupakan respontubuh terhadap perubahan kimia selama proses pencernaan. Hal ini normal dan terjadi pada semua orang. Namun, jika rasa kantuk terjadi setiap kali setelah makan dan menghalangi kemampuan Anda untuk berfungsi, ini mungkin menjadi perhatian. Kantuk setelah makan siang juga dapatmenghalangi Anda dari melakukan pekerjaan Anda secara efektif setelah makan siang.

Penyebab kantuk setelah makan

Ketika perut sudah penuh, maka rasa kantuk akan terjadi. Hal ini terjadi pada banyak orang. Kantuk setelah makan disebabkan oleh banyak faktor, seperti jenis makanan yang Anda konsumsi, kebiasaan tidur berantakan, kondisikesehatan dan sebagainya.

Pola pencernaan dan hormon otak

Tubuh membutuhkan energi untuk berfungsi dan energi ini diperoleh melalui makanan. Tubuh kemudian memecah nutrisi dari makanan dalam sistem pencernaan untuk mengubahnya menjadi glukosa yang kemudian akan mengubahnya menjadi energi. Pasca-makan, tubuh melepaskan hormon seperti amylin, glukagon dan cholecystokinin. Hormon-hormon ini meningkatkan kadar gula darah, menciptakan perasaan kenyang dan memproduksi insulin yang akan dialirkan melalui jaringan sel dan menyediakan energi bagi mereka. Pada saat yang sama, otak melepaskan serotonin yang menyebabkan rasa kantuk.

Selain itu, makanan juga mempengaruhi produksi melatonin di otak. Ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk kantuk pasca-makan. Melatonin dibuat dengan mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin, yang kemudian berubah menjadi melatonin.

Jenis makanan yang Anda makan

Tubuh mencerna semua jenis makanan dengan cara yang sama. Beberapa makanan dapat memicu lebih mengantuk daripada yang lain. Makanan yang kaya protein, seperti daging, unggas, telur, ikan, bayam, tahu, keju dan kacang kedelai, mengandung asam amino triptofan. Asam amino ini digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan serotonin, yang bertanggung jawab untuk mengantuk.

Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat juga membantu menghasilkan serotonin dan asam amino triptofan ditemukan di otak. Ini adalah alasan mengapa Anda merasa mengantuk setelah makan makanan kaya karbohidrat. kombinasi makanan yang mengandung asam amino triptofan (protein) dan karbohidrat membuat Anda merasa mengantuk. Oleh karena itu, makanan yang cocok sebelum tidur akan karbohidrat makanan yang mengandung dan protein, seperti susu dan sereal.

 

Kebiasaan tidur

Pola tidur yang buruk juga dapat menyebabkan kantuk pasca-makan. Setelah makan, badan terasa penuh dan santai, membuat tubuh merasa seperti itu sedang beristirahat, sehingga perasaan kantuk, terutama jika Anda tidak mendapatkan tidur malam yang baik malam sebelumnya.

 

Kondisi kesehatan

Jika Anda sering merasa mengantuk setelah makan, mungkin menjadi tanda penyakit seperti penyakit celiac, anemia, intoleransi makanan, alergi, sleep apnea dan tiroid yang relatif tidak aktif. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda menderita kondisi ini atau jika Anda sering jatuh tertidur setelah makan.