SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Peringati 1 Suro Jam Ziarah Pendekar Dibatasi
Peringati 1 Suro Jam Ziarah Pendekar Dibatasi

Peringati 1 Suro Jam Ziarah Pendekar Dibatasi. Tradisi ziarah sesepuh Persaudaraan Setia Hati Terate Madiun, masih terus dilakukan hingga hari ini. Namun pihak keamanan juga tak terlalu memberikan kebebasan kepada mereka, para pendekar diberi batasan waktu saat prosesi ziarah atau nyekar.

Tercatat hingga siang tadi sudah hampir 10 ribu pendekar dari Persaudaraan Setia Hati Terate yang masuk ke Kota Madiun unutk melakukan tradisi 1 Suro, yakni ziarah ke makam sesepuh. Mereka yang berasal dari luar Kota Madiun mendapat kawalan ketat dari pihak polsek setempat .

Kabag Ops Polres Madiun Kota, Kompol Mujo Prajoko, mengatakan, dalam Ops Aman Suro dan Suran Agung kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya mereka yang dari luar Kota Madiun  dilarang masuk, namun kali ini mereka dibebaskan masuk, tetapi diharuskan mendapat kawalan dari pihak keamanan.

Saat memasuki Kota Madiun pun mereka mendapat batasan waktu sekitar 3 jam. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak massa yang berkumpul di Kota Madiun. Bahkan waktu pemberangkatan tiap-tiap daerah pun juga terjadwalkan.

Dalam mengurai kemacetan di jalan protocol, petugas membagi jalan menjadi dua jalur, sehingga pengguna jalan umum juga bisa melewati jalan protokol tersebut.(end/pojokpitu.com)