SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Inilah Batik Pecel yang Diperagakan Model Cantik Asal Madiun
Inilah Batik Pecel yang Diperagakan Model Cantik Asal Madiun

Inilah Batik Pecel yang Diperagakan Model Cantik Asal Madiun. Lulusan SMK Negeri 2 Madiun Jurusan Administrasi Perkantoran ini mengaku kesehariannya selalu memakai baju bermotif batik.

“Baju saya hampir semuanya dari bahan batik. Jadi pakainya ya termasuk sering banget, baik untuk main-main, resepsi, sampai tidur pun pakai daster dari batik,” kata Shelma, Minggu (2/10/2016).

Ditemui usai memeragakan busana batik di acara Jawa Timur Membatik yang diadakan Asosiasi Perajin Jawa Timur untu memperingati Hari Batik Nasional di Balai Pemuda, Shelma menyatakan batik belakangan makin bervariasi sehingga kian disukai anak muda seusianya.

“Batik nggak cuma untuk gaun lo, ada juga yang dirancang jadi celana atau model lainnya,” tuturnya.

Gadis yang menggeluti dunia model sejak masih duduk di bangku sekolah dasar ini menegaskan paling suka Batik Turi.

“Sebagai orang asal Madiun kan saya harus membanggakan batik dari daerah sendiri,” celetuknya sambil tersenyum.

Batik Turi ini dikenal pula sebagai Batik Pecel. Pasalnya, motif batik ini menggambarkan semua ‘isi’ dalam menu makanan pecel.

“Selain ada bunga turi, juga ada daun singkong yang biasanya ada di menu tradisional khas Madiun ini,” papar Shelma yang terbiasa mendadani diri sendiri saat ikut sesi foto model atau model catwalk.

Selain motif yang khas, menurut Shelma, batik asal Madiun ini pun warnanya cenderung cerah.

“Saya suka warnanya yang kontras. Karena itu biasanya saya padukan dengan busana warna hitam sehingga tidak terlalu ngejreng tampilannya,” ujar Shelma yang berangan-angan untuk terjun ke dunia akting.

Ditanya soal koleksi baju batik yang dimiliki, Shelma mengaku tak bisa menghitung.

“Banyak lah. Karena kemana-mana hampir selalu pakai batik, baik yang santai maupun resmi untuk hadir di acara-acara formal,” katanya.

Shelma hari Minggu itu tidak sendirian ke Surabaya. Dia datang bersama tujuh model asal Madiun lainnya yang semuanya mengenakan busana batik khas Madiun.

“Saya senang bisa jadi bagian promosi warisan budaya Nusantara ini. Apalagi ini kekayaan

budaya daerah saya sendiri,” tandas Shelma sambil menambahkan dirinya lebih suka membeli baju batik dalam bentuk jadi.(SURYA.co.id)