SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Warok Cantik Unjuk Gigi, Bikin Mobil Panther Bergeser 10 Meter
Warok Cantik Unjuk Gigi, Bikin Mobil Panther Bergeser 10 Meter

Warok Cantik Unjuk Gigi, Bikin Mobil Panther Bergeser 10 Meter. Halaman pendopo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (30/9/2016) malam mendadak ramai. Belasan pria dan seorang wanita mengenakan baju dan celana hitam tampak duduk bersila, sambil komat-kamit membaca doa.

Malam itu, Hida Nuraini (24) anggota Paguyuban Sabdo Warok Ponorogo dan teman-temannya akan memamerkan kekuatannya. Ida akan menarik mobil Isuzu Panther menggunakan rambutnya.

“Saya akan menarik mobil dengan rambut saya,” kata wanita berjilbab ini saat ditemui, Jumat (30/9) malam.

Perempuan baru saja lulus kuliah ini mengatakan, dirinya sudah berlatih sebelum tampil malam itu.

“Berlatih olah nafas dan berdoa,” katanya.

Usai melakukan ritual dan baca doa, atraksi pun dimulai. Mobil Isuzu Panther yang akan ditarik, disiapkan di lokasi.

Di bagian depan mobil, terikat tali tambang berwarna biru. Sejumlah pria anggota Paguyuban Sabdo Warok, Ponorogo pun bersiap-siap.

Secara bergantian, mereka menarik mobil Panther itu menggunakan gigi. “Hokya..hokya..hokya,” teriak anggota Paguyuban Sabdo Warok bersemangat.

Tiba giliran Hida. Kali ini, mobil tidak ditariknya menggunakan gigi, melainkan menggunakan rambut. Tali tampar diikat ke rambut Ida, dililit dengan tali dari ban agar kencang.

Setelah tali terikat di rambutnya, Hida mengambil kuda-kuda dan mengatur nafasnya. Secara perlahan ia menarik mobil itu menggunakan rambutnya hingga bergeser sekitar 10 meter.

“Selama ini orang tahunya warok hanya kesenian tari saja. Makanya, malam ini kami ingin mengungkap kesaktian warok sesungguhnya,” kata Tumenggung Aryo Lawu yang menggagas atraksi malam itu.

Selain menarik mobil dengan gigi dan rambut, malam itu dipamerkan atraksi lain. Di antaranya berjalan di atas pecahan kaca, bambu gila, dan memecah genteng dan batu bata menggunakan kepala.

Aryo berharap adanya pertunjukan malam itu masyarakat semakin mengenal kesenian tradisional warok dari Ponorogo, yang tidak terlepas dari sejarah.