SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Nasi Pecel Yu Gembrot di Madiun Favorit Jokowi
Nasi Pecel Yu Gembrot di Madiun Favorit Jokowi

Nasi Pecel Yu Gembrot di Madiun Favorit Jokowi. Bicara Kabupaten atau Kota Madiun, tidak akan lepas dari kuliner khasnya, yakni nasi pecel. Nah, di kota ini, ada warung nasi pecel yang cukup terkenal dan jadi langganan pejabat dan artis, namanya Nasi Pecel Yu Gembrot.

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot berlokasi di area Pasar Besi, tepatnya di pinggir Jalan Imam Bonjol Kota Madiun, Jawa Timur. Berjajar dengan kios-kios lain yang ada di pasar tersebut.

Meski jadi langganan pejabat, warung dengan luas sekitar empat kali lapangan tenis meja itu terkesan sangat sederhana. Dua meja dikelilingi kursi plastik jadi tempat pengunjung nasi pecel. Di sisi utama, meja besar tempat bahan-bahan nasi pecel diletakkan pemilik.

Bahan nasi pecel Yu Gembrot sebetulnya tidak jauh beda dengan nasi pecel Madiun pada umumnya, yakni nasi diselimuti sayuran lalu dilumuri bumbu pecel. Bedanya, pecel Yu Gembrot rasanya terasa betul manisnya. Soal lauk, penikmat bisa memilih tempe, daging, telur, dan rempeyek kacang.

Perbedaaan lainnya, nasi pecel Yu Gembrot disajikan bukan dengan piring, tapi dengan daun pisang segar yang dipincuk. “Soal bedanya apa dengan nasi pecel lain, pembeli yang tahu,” kata Hendro, generasi ketiga warung Yu Gembrot kepada VIVA.co.id, Minggu, 25 September 2016.

Dia menjelaskan, usaha kuliner nasi pecel di keluarganya dirintis oleh neneknya, Sarinem pada tahun 1942 silam. “Waktu itu Mbah Sarinem masih jualan pecel keliling, belum ada warung seperti sekarang,” tutur dia.

Pada tahun 1974, anak Sarinem bernama Katini meneruskan usaha pecel tersebut. Tidak lagi keliling, Katini membuat warung di area Pasar Besi. Warung itu diberi nama Yu Gembrot, panggilan Katini sejak kecil.

“Waktu kecil, ibu saya memang gemuk (gembrot),” ujarnya.

Hendro mengatakan bahwa sudah banyak pejabat datang ke warungnya mencicipi nasi pecel buatan keluarganya. Di dinding warungnya terpampang banyak foto sejumlah pejabat saat berkunjung ke Warung Yu Gembrot, salah satunya mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

Sementara pagi tadi, Wali Kota Madiun, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga mencicipi nasi pecel di Warung Yu Gembrot. Dia terlihat lahap menikmati pecel khas Madiun tersebut.

“Kapan hari Pak Jokowi saat ke Ponorogo juga pesan pecel ke sini. Saya yang antarkan ke Ponorogo,” kata Hendro.

 

Nasi Pecel Yu Gembrot di Madiun Favorit Jokowi

Sumber : Setenpo.Com