SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Dua Rumah Di Morosari Sukorejo Nyaris Hanyut di Telan Sungai
Dua Rumah Di Morosari Sukorejo Nyaris Hanyut di Telan Sungai

Bantarangin.Net – Dua Rumah Di Morosari Sukorejo Nyaris Hanyut di Telan Sungai. Puluhan rumah di RT 02, RW 02 Dukuh Gondang Desa Morosari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo terancam ambrol. Pasalnya bibir sungai DAS Bengawan Solo mulai terkikis karena derasnya hujan yang mengguyur Ponorogo beberapa hari terakhir.

Bahkan pantauan beritajatim.com di lokasi, dua rumah sudah hampir rata dengan sungai. Yakni milik Mujiono dan Sarimo. Apalagi jika hujan kembali mengguyur.

“Saya saja sudah tiga kali pindah. Awalnya di Barat, yang sekarang sudah menjadi sungai, kemudian sekarang yang jadi kandang. Terakhir agak ke Timur sedikit,” kata Rini Andika, warga sekitar.

Dia mengatakan bencana terkikisnya bibir sungai DAS Bengawan Solo yang mengakibatkan sudah dari dulu. Bahkan sudah ada 8 kk yang pindah karena tergerus sungai.

“Kalau dibiarkan, tidak hanya rumah milik Mbah Mujiono dan Mbah Sarimo yang ambrol. puluhan  rumah warga lain juga terancam ambrol,” terangnya.

Sementara sang pemilik rumah, Sarimo, hanya bisa pasrah. Dia mengaku mengungsi di rumah keluarganya. Padahal rumah yang dia tinggali sekarang mendapat bantuan bedah rumah. “Lebih baik mengungsi daripada kena bencana dan tidak bisa menyelamatkan diri,” pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan pihak Pemkab Ponorogo belum meninjau di lokasi. Bahkan beberapa warga juga bersiap mengungsi karena ketakutan rumahnya tergerus. [mit/suf]