SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Dari 424 Pengidap HIV AIDS Ponorogo Rata Rata Ibu Rumah Tangga
Dari 424 Pengidap HIV AIDS Ponorogo Rata Rata Ibu Rumah Tangga

Bantarangin.Net – Dari 424 Pengidap HIV AIDS Ponorogo Rata Rata Ibu Rumah Tangga. Walaupun tergolong kota kecil, penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Ponorogo membuat banyak pihak mengelus dada. Pasalnya, dalam rentan waktu 15 tahun, setidaknya 424 mengidap penyakit berbahaya tersebut.

Dengan rincian, 287 orang positif menderita AIDS, dan 137 baru terserang HIV. Untuk penderita yang meninggal dunia ada 153 orang dan masih hidup sampai sekarang 271 orang.

“Kami akui memang untuk penyebaran penyakit AIDS sudah semakin parah. Sejak 15 tahun terakhir sudah ada 400-an yang positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Rahayu Kusdarini kepada beritajatim.com, Senin (12/9/2016).

Rahayu menjelaskan, dari 424 penderita HIV/AIDS tersebut hanya yang terdata. Mereka yang memang sengaja memeriksakan di RSUD dr Harjono Ponorogo dan beberapa puskesmas.

Rahayu memaparkan, dari 424 tersebut rata-rata ibu rumah tangga yang menderita. Dia memprediksi karena memang kebanyakan suami ‘jajan’ di luar.

“Diakui tidak diakui, penyebaran HIV/AIDS memang karena seks bebas. Apalagi bagi mereka yang suka jajan di luar,” tambahnya.

Parahnya untuk tahun lalu, Dinkes sendiri kecolongan. Karena ada ibu hamil positif AIDS. Untungnya anak yang dilahirkan tidak positif AIDS.

Saat ini Dinkes Ponorogo juga melakukan langkah jemput bola. Di mana ibu hamil wajib memeriksakan diri terkena HIV/AIDS atau tidak.

Pihaknya menyosialisasikan pemakaian kondom. “Salah satu caranya memang pemakaian kondom bagi pasangan yang tidak sah,” pungkasnya. [air/mit]

 

Dari 424 Pengidap HIV AIDS Ponorogo Rata Rata Ibu Rumah Tangga

Sumber Setenpo.Com