SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Bupati Ponorogo Mendapat Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat
Bupati Ponorogo Mendapat Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat

Bantarangin.Net – Bupati Ponorogo Mendapat Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Bupati Ipong Mukhlisoni mendapatkan kunjungan silahturahmi dari keluarga Kraton Surakarta Hadiningrat dan penganugerahan gelar KRA, Sabtu(13/08/2016).

Prosesi penganugerahan gelar (wisudan) bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo dihadiri sejumlah perwakilan dari Keraton Surakarta Hadiningrat yaitu Pangageng WilopoDR. KPH Edy  Wirobumi beserta GKR Galuh Kencono, GKR Sekar Kencono, GKR Kusmurtiyah Wandonsari, dan GKR Retno Dumilah bersama keluarga Kraton Surakarta Hadiningrat dan Forkomimda Ponorogo.

Dalam prosesi tersebut, Pengageng Wilopo DR. KPH Edy Wirobumi, menyampaikan, dengan adanya Penganugerahan Gelar ini bisa mengemban amanah menjadi pengayom masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya jalinan silaturrahmi ini nantinya akan mendapatkan berkah dan anugerah dari Allah SWT, dengan adanya silaturrahmi ini dalam dijadikan tonggak untuk menjaga budaya yang sudah ada dan Kraton Surakarta Hadiningrat adalah contoh budaya yg harus tetap dijaga kelestariannya,”ucapnya.

Sementara itu pangageng Wilopo GKR Kusmurtiyah Wulandari. selain mengucapkan selamat dan salam sejahtera kepada semua yang hadir dalam kegiatan ini juga berharap kegiatan ini bisa sebagai penyambung tali silaturrahmi yang selama ini terputus, sehingga kedepan akan terjalin kembali hubungan yang harmonis antara Kabupaten Ponorogo dengan Kraton Surakarta Hadiningrat.

Disebutkanya, telah tercatat di buku sejarah Paku Buwono ke II pernah berkunjung ke Ponorogo tepatnya di Tegalsari menemui Kyai Kasan Besari dan Bupati Ponorogo Suro Agul Agul pernah menjadi pemimpin pasukan Kraton Surakarta Hadiningrat pada era Paku Buwono ke II.

“Maka dari niatan kita hanya untuk menjalin tali silaturahmi yang selama ini belum terjalin dengan baik karena adanya ikatan sejarah antara Ponorogo dengan Kraton Surakarta Hadiningrat,”urainya.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni dan istri bersama pengageng keraton Surakarta Hadiningrat

Menurutnya, sampai saat ini Kraton Surakarta Hadiningrat merupakan kraton yang masih lengkap baik budaya dan pemerintahannya, karena masih memegang teguh budaya jawa.

Dalam prosesi tersebut juga dilakukan penyerahan kakancingan secara simbolis olehPangageng Wilopo KPH Edy Wirobumi, kepada Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang mendapatkan jabatan Santana Riya Nginggil dengan gelar dan tambahan nama menjadi Drs Kanjeng Raden Ario Ipong Muchlissoni Adinegoro beserta istrinya yaitu Sri Wahyuni  yang mendapatkan jabatan (pangkat) sebagai Bupati Riyo Nginggil dengan nama tambahan dan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Sri Wahyuni Widyaningtyas.

Dikatakan DR.KPH Edy Wirobumi,”saya sebagai ketua umum Paguyuban Pamong Pakasa ingin menggabungkan Kraton Surakarta Hadiningrat dengan Kabupaten Ponorogo, tetapi kita harus berbakti dan mengabdi kepada NKRI, karena Kraton Surakarta Hadiningrat merupakan bagian NKRI yang memegang teguh Pancasila dan UUD 1945,”ucapnya.
Suasana pendopo agung kabupaten Ponorogo saat prosesi penganugerahan gelar kehormatan. Sementara itu, Bupati PonorogoIpong Muchlisoni usai acara mengatakan,”saya sangat terkesan dan bangga dengan diberikannya gelar KRA kepada saya sehingga saya akan meningkatkan kinerja dalam menjaga keutuhan NKRI. Sampai saat ini kami masih menjaga dan mengembangkan budaya jawa dan memperjuangkan kebudayaan tersebut, karena pada saat ini banyak budaya asing yang ingin melemahkan kebudayaan jawa yang bersumber dari Kraton Surakarta Hadiningrat,”kata Bupati Ipong.

Bupati Ponorogo Mendapat Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta HadiningratSumber : KanalPonorogo