SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Menikmati Panorama Bukit Gembes Trenggalek
Menikmati Panorama Bukit Gembes Trenggalek

Bantarangin.NetMenikmati Panorama Bukit Gembes Trenggalek. Inilah hasil kreatifitas para pemuda. Sebuah kebanggaan akan daerahnya sendiri. Hal yang demikian kelak akan mendongkrak gairah wisata di suatu tempat. Menara pandang di atas pohon sederhana yang berada di puncak Gembes menyajikan pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya. Dari sini kita bisa memandang luas birunya samudra hindia.

Puncak Gembes memiliki suhu yang sejuk dan udara segar. Perjalanan menuju tempat ini tak kalah indah. Jalanan yang Lika-liku khas Kabupaten Trenggalek sangat terasa. Berada diantara pepohonan pinus yang rindang, membuat perjalanan kita terasa teduh. Setelah melewati beberapa tikungan, natinya kita akan dapati jalanan yang berada di pinggir tebing. Waw… luar biasa indahnya. Pasti itu kesan yang akan kita ucapkan mana kala melihat obyek yang begitu indah. Apa itu ? tentunya laut lepas dan pemandangan perbukitan. Disisi timur dan barat serta utara adalah kawasan perbukitan yang tampak hijau, sedangkan di sisi selatanya adalah laut lepas.

Letak menara pohonnya tepat di sisi jalan dan hanya berjarak kurang lebih sekitar 5 meter dari jalan. Sampai saat ini (*saat artikel ini ditulis ) hanya ada 1 menara pohon yang dibuat. Kita harus bergantian untuk menaiki menara pohon. Kelihatannya hanya mampu dinaiki 3 orang dewasa. Amat disayangkan sekali pengamanannya masih tergolong minim (*sampai artikel ini di tulis ). Tepat dibawah pohon ini adalah jurang yang cukup dalam. Kita harus sangat berhati-hati jika naik dan berfoto di tempat ini. Jangan bertingkah konyol, jangan membuat diri kita celaka karena kurang hati-hati. Kewaspadaan adalah hal utama dalam setiap langkah.

Menikmati Panorama Bukit Gembes Trenggalek
Menikmati Panorama Bukit Gembes Trenggalek

Jalanan disini merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Munjungan dengan Kecamatan Dongko Banyak lalu lalang motor roda dua yang melalui jalan ini. Kebanyakan adalah mereka para penduduk yang pulang/pergi mencari pakan ternak. Terkadang juga mobil-mobil bak terbuka melewati jalan ini. Mobil itu adalah mobil angkutan umum daerah pedesaan.

Dari setiap sudut di lokasi ini kita bisa memilih tempat untuk berfoto dengan leluasa. Kita bisa ambil spot-spot foto dengan mode panoramapun bisa. Bagi yang hobi foto pemandangan alam tempat ini patut dicoba. Benar-benar  bukit yang indah.

Jika ingin ke tempat ini kita bisa memilih satu diantara dua jalur jika dari arah Kabupaten trenggalek. Pertama lewat jalur Kecamatan Kampak menuju Kecamatan Munjungan, kedua lewat jalur Kecamatan Dongko menuju kecamatan Munjungan. Kami lebih menyarankan lewat jalur Dongko – Munjungan. Kenapa ? sebab jalannya lebih aman dan pemandangannya sangat indah.
Nih coba cermati jalurnya :

  1. Dari Trenggalek ambil arah ke kecamatan Dongko.
  2. Jika sudah sampai Kecamatan Dongko lanjutkan perjalanan menuju arah Kecamatan Panggul.
  3. Lalu ada pertigaan di Puskesmas desa Pandean ( *puskesmas ke 2 yang ada di Kecamatan Dongko ).
  4. Dari Puskesmas Pandean belok kiri terus sampai melewati jembatan besar desa Pandean.
  5. Diatas jembatan desa Pandean ada pertigaan yang mana sampai saat ini (*saat artikel ini ditulis ) jalannya berupa cor/rabat
  6. Lalui terus jalan tersebut sampai kelihatan laut, nanti akan ketemu menara pohonnya.

Tak lupa kami mengingatkan jangan buang sampah sembarangan dan jangan corat-coret di lokasi maupun di luar lokasi, tetap jaga keasrian dan keindahan Bukit Gembes. Jangan melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain