SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Faktor Penyebab Baterai Posel Cepat Habis
Faktor Penyebab Baterai Posel Cepat Habis

Bantarangin.Net – Faktor Penyebab Baterai Posel Cepat Habis. Tidak sedikit orang yang merasa panik saat keluar rumah tanpa ponsel. Reaksi seperti ini tidak mengherankan mengingat ponsel dapat menunjang hampir sebagian besar aktivitas Anda sehari-hari, mulai dari komunikasi, bisnis, urusan kantor, hingga transportasi.

Namun sayang, di tengah kebutuhan masyarakat akan ponsel–khususnya ponsel pintar–sebagian orang mengeluhkan ponsel mereka yang boros baterai. Tahukah Anda kendala sinyal adalah salah satu faktor yang membuat ponsel Anda boros baterai? Apa lagi yang bisa menyebabkan baterai ponsel cepat habis? Simak penjelasan berikut.

1. Penggunaan aplikasi

Ponsel pintar saat ini memiliki banyak fitur yang dapat menjalankan aplikasi dalam sekali proses atau multitasking. Kemudahan ini memang membuat aktivitas Anda lebih efisien, namun daya baterai menjadi lebih boros karena sistem ponsel membutuhkan tenaga ekstra dalam melakukannya. Sebaiknya hindari pemakaian beberapa aplikasi sekaligus ketika baterai terindikasi lemah.

2. Matikan GPS atau Lokasi

Global positioning system (GPS) atau fitur lokasi pada ponsel akan membuat ponsel Anda memancarkan sinyal yang akan ditangkap oleh satelit. Dengan sinyal tersebut, Anda akan lebih mudah mencari lokasi tertentu dan sebaliknya, posisi Anda juga bisa dilacak dengan mudah. Inilah yang kemudian membuat baterai Anda cepat habis ketika menyalakan fitur GPS pada ponsel. Oleh karena itu, ketika Anda sudah tidak memerlukan fitur tersebut, sebaiknya non-aktifkan saja.

3. Sinkronisasi

Cobalah cek sinkronisasi (sync) yang ada pada di ponsel pintar Anda. Banyakanya aplikasi yang disinkronkan secara otomatis, seperti surat elektronik, media sosial, komputasi awan (cloud) akan membuat ponsel terus bekerja. Tak perlu semua aplikasi pada ponsel disinkronisasi, Anda cukup memilih beberapa aplikasi penting saja untuk disinkronisasi, akun email kantor misalnya.

4. Buruknya sinyal atau jaringan

Sinyal atau jaringan selular–terutama internet–yang tidak stabil dapat menyebabkan ponsel bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal. Inilah penyebab daya baterai cepat habis dan ponsel menjadi cepat panas.

Untuk itu Anda bisa mengandalkan provider yang memiliki jaringan 4G tercepat dan stabil di Indonesia, seperti IM3 Ooredoo. Anda juga diberi keleluasaan berselancar di dunia maya dengan kehadiran paket Fredoom Combo. Paket internet terlengkap yang menawarkan double kuota di semua jaringan hingga unlimited nelpon dan SMS ke sesama pengguna tanpa batasan waktu. Rasanya tak perlu khawatir kuota internet ataupun baterai ponsel cepat habis karena kebebasan berkomunikasi dengan mudah bisa Anda raih.

5. Layar

Tahukah Anda kalau layar ponsel pintar juga banyak mengonsumsi daya baterai? Untuk itu Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan (brightness) layar ponsel sehingga mata juga menjadi lebih nyaman. Anda pun dapat menggunakan mode otomatis pada pengaturan layar sehingga layar akan menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya tempat Anda berada.

Faktor Penyebab Baterai Posel Cepat Habis