SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Sambut Ramadhan, Warga Ponorogo Laksanakan Tradisi Megengan.
Sambut Ramadhan, Warga Ponorogo Laksanakan Tradisi Megengan.

 

Bantarangin.Net – Sambut Ramadhan, Warga Ponorogo Laksanakan Tradisi Megengan. Jelang datangnya bulan suci Ramadhan di sambut dengan kebahagiaan tersendiri bagi kaum Muslim. Sejak beberapa hari nuansa datangnya Ramadhan terlihat dengan banyaknya diadakan pengajian maupun khataman al Qur’an di masjid maupun mushola di wilayah Ponorogo.

Selain khataman, warga juga melaksanakan tradisi megengan, sebuah tradisi yang akrab bagi orang Jawa termasuk Ponorogo di dalamnya saat menyambut bulan suci Ramadhan.

Megengan adalah tradisi doa bersama yang dilanjutkan dengan memakan nasi ambeng sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT atas datangnya bulan suci ramadhan,sekaligus mendoakan leluhur dan keluarga yang telah meninggal.

Dari berbagai referensi yang Ponoragan.Com coba kumpulkan, kata megengan dimaknai dengan berbagai hal seperti mapak sasi ageng/menyambut bulan ageng (agung) yakni Ramadhan, ada juga yang memaknai megeng berarti menahan,  artinya mengingatkan bahwa tujuan puasa adalah untuk menahan dan mengendalikan hawa nafsu.

Waktu Megengan, Tak “Harus” Malam Pertama Ramadhan.

Kamis 2/6/2016 lalu sebagian warga sudah mengadakan Megengan diantaranya di masjid al Mursyad lingkungan Juranggandul kelurahan Kadipaten kecamatan Babadan. Beberapa warga lain merasa heran karena sepengetahuan mereka megengan dilaksanakan di malam pertama Ramadhan.

“Megengan itu tradisi menyambut puasa. Namanya menyambut itu ibaratnya saja kita menyambut tamu, bisa di sambut dari gerbang depan, bisa dari teras atau pas sudah di ruang tamu. Jadi pelaksanaan Megengan ini dilaksanakan sesuai kesepakatan warga. Ada yang pas malam pertama Ramadhan ada yang 1 hari sebelumnya ada juga yang 2-3 hari sebelum Ramadhan. Soal kapan puasa ya menunggu pengumuman pemerintah”ucap warga menjelaskan hal ini.

 

Sambut Ramadhan, Warga Ponorogo Laksanakan Tradisi Megengan.

Sumber : Ponoragan

http://ponoragan.com/jelang-ramadhanwarga-ponorogo-laksanakan-tradisi-megengan/