SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Jalan Sukarno Hatta dan Jalan Bayangkara Diberlakukan Jalur Satu Arah
Jalan Sukarno Hatta dan Jalan Bayangkara Diberlakukan Jalur Satu Arah.
Mulai Senin (16/05/2016) besuk jalan Sukarno Hatta akan diberlakukan jalur satu arah ( foto : kanal ponorogo)

Bantarangin.Net Jalan Sukarno Hatta dan Jalan Bayangkara Diberlakukan Jalur Satu Arah. Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo bersama dengan Satlantas Polres Ponorogo akan memberlakukan Jalan Sukarno Hatta menjadi satu arah, Senin(16/05/2016) besuk.

“Kegiatan bersama dengan pemerintah daerah (Pemda), telah meminta pertimbangan dan akhirnya sepakat pemberlakuan satu arah dari utara (perempatan pasar Songgolangit) ke selatan hingga pertigaan ngepos,”ucap Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Andy Yudha Pranata Siboro kepada kanalponorogo.com.

Dengan adanya pemberlakuan satu arah dimulai dari perempatan pasar Songgolangit hingga pertigaan Ngepos tersebut, Kasatlantas menambahkan,”jadi dengan pemberlakuan jalur satu arah tersebut, pasti akan ada jalur yang yang terdampak, yaitu Jalan Bayangkara. Nah untuk itu Jalan Bayangkara juga akan diberlakukan jalur satu arah, kebalikanya jalan Sukarno Hatta, yaitu dari selatan ke utara,”terang AKP Siboro.

Untuk Jalan Bayangkhara akan diberlakukan bagi semua jenis kendaraan, tidak hanya kendaraan roda dua saja atau kendaraan roda empat saja.

“Jadi untuk Jalan Bayangkara juga sama, jalur satu arah diberlakukan bagi semua jenis kendaraan, hanya saja arusnya kebalikan dari Jalan Sukarno Hatta,”ujar Kasatlantas Siboro.

Dijelaskanya, walaupun belum merupakan putusan final, namun  ini sudah bisa dikatakan sembilan puluh persen benar dan yang sepuluh persen untuk merevisi.

Lebih lanjut dikatakanya, guna mendukung perubahan jalur ini, perlu adanya penambahan Alat Pemberi Isyarat Lampu Lalulintas (APIL) dan perlu juga memperkecil bundaran Ngepos serta semua marka jalan akan dirubah.

“Dengan pemberlakuan one way untuk jalur protokol ini, dikarenakan kondisi jalan yang memang tidak seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan. Selain untuk estetika kota, yang menjadi pertimbangan lain adalah demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan serta untuk mengurangi titik-titik tumbur atau lakalantas,”beber AKP Siboro.

Sementara itu untuk mendukung uji coba pemberlakuan jalur searah ini, Dinas Perhubungan (Dishub) akan menurunkan sejumlah personilnya dari pukul 06.00 WIB pagi hingga pukul 22.00 WIB malam.

“Untuk bundaran Ngepos belum bisa mereposisi, saat ini baru bisa melakukan pengecilan saja, saya berharap masyarakat bisa menyesuaikan,”tutur Kasat Lantas.

Semua marka jalan akan berubah, akan ada rambu penunjuk, dan perlu tambahan trafic light di pertigaan Ngepos. Selain itu trafic light yang berada di perempatan pasar Songgolangit akan dinonaktifkan satu arah  yaitu yang dari selatan.

Ditanya tetang kemungkinan akan terjadinya pelanggaran, AKP Siboro mengatakan,”ya untuk awal masih kita sosialisasikan, namun ketika ketidaktahuan tentang perubahan jalur ini, ya hanya kita berikan teguran. Kecuali untuk pelanggaran yang lain, diantaranya tidak membawa surat kendaraan dan tidak memakai helm, yang tidak ada korelasinya, tetap kita lakukan tilang,”tegas Kasatlantas AKP Siboro.(wad/kanalponorogo.com)

 

Jalan Sukarno Hatta dan Jalan Bayangkara Diberlakukan Jalur Satu Arah

Sumber : KanalPonorogo

kanalponorogo.com/mulai-senin-besuk-jalan-sukarno-hatta-dan-jalan-bayangkara-diberlakukan-jalur-satu-arah