SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Cara Kreatif Kembangkan Fungsi Otak Kanan
Cara Kreatif Kembangkan Fungsi Otak Kanan

Bantarangin.Net – Cara Kreatif Kembangkan Fungsi Otak Kanan. Manusia merupakan satu-satunya makhluk di bumi ini yang dianugrahkan kemampuan berfikir lewat fungsi otak yang kita miliki. Inilah yang membuat setiap manusia wajib bersyukur dan memanfaatkan karunia Tuhan dalam bentuk otak dengan sebaik-baiknya.

Mengulas lebih dalam tentang fungsi otak, seperti kita ketahui bersama bahwa otak mempunyai dua bagian penting yang menjalankan peran sentral masing-masing. Dua bagian tersebut adalah otak kanan dan otak kiri. Otak kiri mengontrol berbagai hal yang berkenaan dengan pola pikir logika, simbolis serta bahasa yang akhirnya membentuk pemikiran linear berdasarkan fakta dan kesimpulan logis.

Berbanding terbalik dengan fungsi otak kiri, otak kanan akan menjalankan segala hal yang berhubungan dengan emosi, intuisi serta yang tidak kalah penting yakni kreativitas. Khusus membahas tentang fungsi otak kanan ini, banyak orang yang berfikir bahwa dirinya kurang mempunyai kreativitas. Padahal kenyataannya adalah, mereka hanya tidak bisa atau enggan untuk mengembangkan fungsi otak kanan.

Artikel lain: Rahasia Kesuksesan Besar Pixar, Selalu Bebaskan Kreatifitas Para Pekerja

Otak kanan yang menjalankan tugas untuk memikirkan segala sesuatu di luar aturan baku dan sistematis, adakalanya mampu memunculkan daya kreativitas manusia, bahkan bisa menjadi suatu inovasi yang luar biasa. Dan bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana cara mengembangkan fungsi otak kanan, berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan.

1. Biasakan Mencari Alternatif

Bagi orang yang terlalu mengandalkan kinerja otak kiri, akan sangat jarang bertanya dalam benaknya adakah cara lain untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mereka cenderung memusatkan pikiran pada hal yang sudah ada dan akan berhenti jika memang hal tersebut tidak ada.

Disinilah kita bisa mulai mengembangkan otak kanan dengan cara berfikir, apakah ada cara lain untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Kebiasaan menanyakan pertanyaan semacam ini akan memacu otak kita untuk mencari alternatif-alternatif lain yang tak jarang lebih baik dari solusi yang lebih baik ketimbang yang sudah ada sebelumnya. Perlahan kreativitas akan muncul, dan otak kanan pun akan berfungsi dengan lebih maksimal.

2. Menentang Kebiasaan

Menentang kebiasaan tidak bisa diartikan secara frontal yakni mengubah apa yang sudah ada, sesuai dengan keinginan kita. Arti dari mengubah kebiasaan adalah mencoba keluar dari pola yang sudah dibentuk oleh orang-orang terdahulu menuju jalan yang dirasa lebih baik dengan memanfaatkan perkembangan yang ada di sekitar kita.

Tentu tidak mudah untuk keluar dari jalur rutinitas ataupun tradisi, namun kita harus menekankan pikiran bahwa perkembangan zaman selalu membawa opsi untuk berubah lebih baik. Dari situ otak kanan akan lebih terpacu, seiring dengan perkembangan yang ada.

3. Bermain Asah Otak

Ada beberapa permainan asah otak yang dapat membantu mengembangkan fungsi otak kanan. Contohnya yang paling sederhana adalah permainan rubik. Saya pribadi pernah berfikir bahwa rubik merupakan permainan yang tidak mungkin bisa dipecah. Tapi setelah mencoba cara menerapkan strategi lewat adanya alternatif pemecahan solusi, terbukti saya bisa menyelesaikan permainan tersebut.

Lagi-lagi yang ditekankan dalam hal ini adalah bagaimana kita mencari alternatif lain ketika sebuah permasalahan datang. Di permainan rubik ada beragam cara untuk menyelesaikan dan membentuk semua warna dengan sempurna. Namun tidak hanya rubik, masih ada beberapa permainan lain seperti tetris ataupun permainan scrabble yang bisa kita coba.

4. Selalu Menghubungkan Setiap Ide

Tak jarang ide akan muncul ketika kita mampu menggunakan otak kanan kita. Dari 1 ide yang muncul, biasakan untuk terus mencari ide lain yang masih berhubungan dengan ide yang pertama. Ide yang muncul terus menerus, tentu akan “memaksa” otak kanan untuk bekerja lebih keras. Namun hasilnya, ketika kita sudah terbiasa maka kita akan lebih lihai untuk mencari alternatif solusi dari satu ide saja.

Baca juga: Kesulitan dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

5. Berfikir Adanya Pilihan Ganda

Kita tidak sedang membicarakan tes atau Ujian Nasional pilihan ganda, namun dalam lingkup yang lebih luas, kehidupan selalu menawarkan jawaban lebih dari satu. Ini yang harus kita pahami dan kita masukkan dalam otak kita.

Banyak hal di dunia ini yang memiliki lebih dari satu jawaban benar. Hal-hal tersebut bisa kita cari dari berbagai aspek kehidupan, mulai dari kegiatan sehari-hari, fenomena alam hingga berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan sosial. Dengan mempercayai bahwa selalu ada lebih dari satu jawaban yang benar, maka kita juga bisa membiasakan otak untuk berfikir lebih kreatif.