SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Manfaat Berendam di Pemandian Air Panas Tirta Husada Ngebel
Kondisi tempat berendam di pemandian air panas Tirta Husada, Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com/ air panas ngebel )

Bantarangin.Net Berendam di Pemandian Air Panas Tirta Husada NgebelPONOROGO — Pemandian air panas Tirta Husada yang berada di Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur, tidak hanya menawarkan sensasi berendam air hangat dengan dikelilingi alam yang indah.

Namun, di pemandian air panas itu juga bisa bermanfaat untuk terapi dan menghilangkan berbagai penyakit.

Penjaga loket pemandian air panas Tirta Husada, Edi Widodo, mengatakan ada kandungan belerang yang ada di air panas itu memiliki berbagai manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Setidaknya ada 10 manfaat bagi tubuh manusia saat berendam di air panas itu:

1.       Mengeluarkan racun dari tubuh

Mandi dan berendam di air panas dengan suhu sekitar 32-35 derajat Celcius akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Berendam menggunakan air panas juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan untuk berendam yaitu sekitar 10 hingga 20 menit.

2.       Menghilangkan stres

Mandi atau berendam air panas bisa meringankan beban pikiran. Untuk temperatur air untuk mandi atau berendam sekitar 30-35 derajat Celcius. Mandi atau berendam dengan air panas bisa meredakan ketegangan, apalagi berendam sambil menikmati keindahan alam yang ada di pemandian air panas Tirta Husada.

3.       Mengobati penyakit kulit

Mandi atau berendam menggunakan air panas juga bisa mengobati penyakit kulit seperti eksim, ruam, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya. Untuk mengobati penyakit kulit ini, disarankan berendam di air panas selama 10 hingga 20 menit.

4.       Mengobati infeksi

Mandi atau berendam di air panas juga bisa membantu penyembuhan penyakit infeksi kulit. Hal ini karena belerang yang ada di air panas itu mengandung antiseptik. Disarankan berendam sekitar 15 hingga 20 menit.

5.       Mengobati flu dan sakit kepala

Merendam kaki dalam air panas bisa membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala. Selain itu, merendam kaki juga bisa menyegarkan kembali kaki yang kelelahan. Disarankan merendam kaki selama 10 hingga 20 menit, setelah itu basuh kaki menggunakan air dingin.

6.       Mengobati insomnia

Merendam kaki di dalam air panas sangat baik bagi penderita penyakit insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya, masukkan kaki ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit sampai kaki berasa hangat.

7.       Memperlancar sirkulasi darah

Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, diabetes, liver, dan lainnya. Namun, harus dilakukan secara rutin.

8.       Mengobati jerawat

Sulfur yang terkandung di air panas alami bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya, usapkan air panas yang mengandung belerang itu ke wajah secara berkali-kali.

9.       Berendam air panas alami juga bisa meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit bahu, dan sakit pergelangan tangan dan kaki.

10.   Berendam air panas alami juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan menghilangkan pegal-pegal.

Edi menyampaikan mandi atau berendam di air panas alami merupakan salah satu cara mencari kesembuhan terhadap penyakit. Sehingga, pengobatan dan terapi secara alami ini tidak bisa langsung memberikan dampak secara seketika, tetapi perlu dilakukan secara berulang-ulang.

“Rata-rata yang datang ke pemandian air panas Tirta Husada itu ingin melakukan terapi dan mencari kesembuhan dari penyakit. Terkadang ada yang beberapa kali berendam langsung sembuh, tetapi juga ada yang sudah lama berendam, namun tidak kunjung sembuh,” jelas dia kepada Madiunpos.com, akhir April 2016.

 

Manfaat Berendam di Pemandian Air Panas Tirta Husada Ngebel

Sumber : MadiunPos.Com

www.madiunpos.com/2016/05/08/wisata-ponorogo-10-khasiat-berendam-di-pemandian-air-panas-tirta-husada-ngebel-717066