SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Desa Kupuk kecamatan Bungkal
Desa Kupuk kecamatan Bungkal. Masyarakat kami kompak, dan siap untuk maju ke provinsi jika dalam lomba tingkat kabupaten kali ini kita lolos sebagai juara pertama

Bantarangin.NetLomba Desa Kabupaten Ponorogo, Kupuk Siap Maju ke Tingat Provinsi. PONOROGO, – Kemeriahan sangat kentara saat seluruh jajaran pemerintah desa dan masyarakat Desa Kupuk kecamatan Bungkal menyambut kehadiran rombongan Tim penilai Lomba Desa tingkat kabupaten, Selasa (19/04/2016).

Pantauan kotareyognews.net, tampak seluruh kesenian yang dimiliki desa Kupuk dileluarkan guna memeriahkan suasana penyambutan. Ada tiga kesenian Gajah – gajahan, satu kesenian Unta, satu kesenian Reyog Ponorogo, dan satu grup seni jaranan Thek.

“Semua kesenian yang dimilikai Desa kupuk adalah hasil kreasi masyaraka disisni. Dalam hal ini kita ingin menyuguhkan sebuah sensasi kepada tim penilai, sekaligus menyajikan hiburan kepada masyarakat,” ujar Kades Kupuk Agus Setiyono, S. Pd.

Lebih lanjut Agus memaparkan, dalam mengikuti lomba Desa tingkat Kabupaten kali ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Selain itu masyarakat juga sangat mendukun keikut sertaan pemerintah desa Kupul dalam Lomba Desa kali ini.

“Masyarakat kami kompak, dan siap untuk maju ke provinsi jika dalam lomba tingkat kabupaten kali ini kita lolos sebagai juara pertama,” paparnya.

Selain itu Agus juga mengatakan bahwa  selain seluruh elemen masyarakat desa Kupuk siap satu tujuan yaitu menjaga kekompakan dan kerukunan, pihaknya juha teleh melakukan berbagai persiapan mulai dari tingkat bawah yaitu tingkat RT.

“Kami juga sedah melekukan persiapan mulai dari tingkat RT dengan penilaian khusus dari Tim penilai dari Desa. Kami melibatkan beberapa tokoh Kepala desa tetangga, Asidewi, dan Babinsa untuk melakukan penilaian di tingkat RT. Kami juga siapkan hadiah bagi RT yang memiliki nilai tertinggi hasil dari penilaian tim dari Desa,” terangnya.

Sementara itu, dalam penyambutan tim penilai kali ini tampak sangat meriah, seniman mulai melakukan atraksinya. Tak ketinggalan seluruh lembaga sekolah yang ada di desa kupuk juga turut berperan aktif turut menyambut kedatangan sembilan anggota tim penilai dari Kabupaten Ponorogo.

Beberapa putri cantik tampak bersiap di pintu gerbang untuk mengalungkan bunga kepada ketua tim penilai. Tak hanya itu saja, seluruh tim penilai dan tamu undangan juga disuguhi tari Gambyong buah karya kreatifitar sanggar tari desa kupuk.

Setelah itu juga diadakan penaburan ribuan bibit ikan Koi bantuan dari Asidewi Jatim, oleh tim penilai lomba Desa di sendang beji desa Kupuk yang lokasinya tepat di belakang lokasi penyambutan tim Penilai.

Usai penaburan bibit ikan, tim penilai langsung melakukan penilaian terhadap sembilan item di pemerintah desa Kupuk. Tim penilai mengawali dengan menilai hasil kerajinan atau UKM yang dimiliki warga desa kupuk. Selanjugnya sembilan tim penilai menyebar keberbagai tempat guna melakukan penilaian sembilan item yang lokasinya berada di tiap dukuh di desa Kupuk.

Menurut tim, dari hasil penilaian mereka desa kupuk memang sangat spesial. Masyarakat desa sangat kompak, termasuk pemuda karang taruna Desa, ditambah lagi pemerintah desa kupuk mempunyai sesuatu yang tidak ada pada peserta lainya yaitu kerja sama dengan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI).

“Banyak kelebuhan yang dimiliki desa kupuk, yang palimg menonjol adalah kekompakan masyarakatnya sangat bagus. Kita lihat saja nanti tim yang menilai semua, dan semua deaa yang masuk enam besar punya kelebihan masing masin,” terang ketua Tim penilai dari Kabupaten Ponorogo.