SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Putri Pendiri Pondok Gontor Meninggal dengan Mendekap Alquran
Kabar duka datang dari putri pendiri Pondok Gontor, Siti Aminah Sahal, yang meninggal dunia sambil mendekap Alquran.
Ribuan orang mengiringi pemakaman jenazah Siti Aminah Sahal di permakaman keluarga di Kompleks Pondok Modern Gontor, Kamis (14/4/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

 

Bantarangin.NetSubhanallah! Putri Pendiri Pondok Gontor Meninggal dengan Mendekap Alquran. PONOROGO — Meninggalnya putri pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Siti Aminah Sahal, Kamis (14/4/2016) sekitar pukul 05.30 WIB membuat ribuan santri berduka. Kamis pagi, ribuan orang yang terdiri dari santri, keluarga, dan kolega mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga dari pengasuh Pondok Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo itu.

Anak kedua almarhumah Siti Aminah Sahal, Kurnia Rahman Abadi, kepada Madiunpos.com menceritakan almarhumah memang memiliki riwayat penyakit jantung. Tetapi, penyakit jantung itu telah diobati sehingga almarhumah tidak mengalami gangguan jantung selama bertahun-tahun.

Didik, sapaan akrab Kurnia, mengatakan almarhumah sempat bersama keluarga untuk mengikuti acara keluarga di Solo, Rabu (13/4/2016). Kemudian, almarhumah beserta keluarga pulang ke Pondok Modern Gontor sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, almarhumah istirahat dan menjalankan kegiatan seperti biasa.

Pada Kamis sekitar pukul 04.00 WIB, almarhumah juga masih menjalankan kegiatan seperti biasa dan membangunkan anaknya untuk menjalankan ibadah salat subuh. “Selain itu, almarhumah juga menanyakan kepada saya yang akan berangkat ke Yogyakarta untuk mengajar,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di rumah duka, Kamis.

Seusai salat subuh, Didik berpamitan untuk berangkat ke Yogyakarta kepada almarhumah. Betapa kagetnya Didik, saat itu dia melihat almarhumah telah tersungkur di tempat salat dengan mendekap kitab suci Alquran. Saat itu, kondisi almarhumah telah pucat dan segara dilarikan ke rumah sakit.

Sesampainya di Rumah Sakit Darmayu, Ponorogo, almarhumah langsung dicek dokter dan dinyatakan sudah meninggal dunia. “Pada saat saya ketahui di tempat salat, almarhumah sudah tersungkur dari tempat salatnya dengan mendekap Al-Quran. Almarhumah kan ketika salat sudah menggunakan kursi, begitu juga saat membaca Al-Quran,” ujar dia.

Saat pemakaman, ribuan orang yang terdiri dari santri Pondok Modern Gontor, santri pondok putri Al-Mawaddah, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Ponorogo, keluarga, dan kolega mengiring pemakaman almarhumah. Jenazah almarhumah dimakamkan di permakaman keluarga yang ada di Kompleks Pondok Modern Gontor.

Siti Aminah Sahal merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara pendiri Pondok Modern Gontor Ahmad Sahal. Dia merupakan adik dari Hasan Abdullah Sahal yang merupakan pengasuh Pondok Modern Gontor saat ini.  ( Putri Gontor Meninggal )