SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Mazda CX-3 Indonesia
Mazda CX-3 Indonesia

Bantarangin.NetMenanti Kehadiran Mazda CX-3 Indonesia. Masih seputar TPT online, saat kami melakukan sidak TPT di website milik kemenperin, kami menemukan Honda Brio RS dan Honda Civic 1.5 Turbo yang segera hadir di Indonesia beberapa saat lagi. Umumnya, sebelum pabrikan akan meluncurkan sebuah model baru, mereka akan mendaftarkan mobil mereka ke Kementrian Perindustrian untuk mendapatkan izin mengetes atau menjual sebuah unit kendaraan bermotor di Indonesia.

Saat itu sebenarnya kami tidak mencari Honda, hanya saja kebetulan ketemu, yang kami cari sebenarnya adalah Mazda CX-3 yang akan menjadi penantang Honda HR-V dan Chevrolet Trax yang sedang menghangat penjualannya. Kami memprediksi seharusnya mobil ini tidak perlu menunggu waktu lama untuk hadir di Indonesia, karena di Malaysia dan Thailand sudah hadir lebih dahulu pada bulan Desember 2015 silam dengan pilihan mesin 2.000 cc bensin dan 1.500 cc diesel.

Baca Juga : Wajah Baru All New Honda Civic 2016 Indonesia

Mazda CX-3 Indonesia di dua negara tersebut tidak menawarkan pilihan mesin 1.500 cc bensin milik Mazda 2 SkyActiv, pasalnya untuk sebuah crossover yang lebih besar dan berat akan terasa kurang bertenaga jika disematkan mesin 1.500 cc bensin biasa seperti halnya Honda HR-V 1.500 cc dan Ford Ecosport, maka dari itu Chevrolet Trax pun dibekali mesin 1.400 cc turbo dan di Eropa Ecosport disematkan mesin 1.000 cc turbo. Mazda yang terkenal dengan fun-to-drivenya, jelas saja tidak ingin salah langkah dengan memberikan pilihan mesin 1.500 cc yang pastinya underpowered untuk crossover masa kini.

Uniknya, meskipun memiliki mesin SkyActiv G 2.0 yang sama dengan milik Mazda CX-5, mesin Mazda CX-3 Indonesia SkyActiv memiliki tenaga lebih rendah di angka 154 Ps di 6.000 Rpm dan torsi 204 Nm di angka 2.800 Rpm. Sedangkan Mazda CX-5 memiliki tenaga lebih tinggi di angka 162 Ps dan torsi 210 Nm untuk varian Thailand. Di Indonesia, karena Mazda CX-5 memiliki kompresi hanya 1:13 (Thailand 1:14), tenaga mesin SkyActiv G 2.0 terpangkas menjadi 155 Ps dan torsi 200 Nm saja, entah bagaimana nanti dengan Mazda CX-3 Indonesia, yang pasti tenaganya akan lebih rendah dari versi Thailand.

 

Seperti layaknya Mazda2 SkyActiv, karena berbasis sama, Mazda CX-3 SkyActiv Indonesia ini pasti memiliki interior yang sama persis dengan Mazda2 SkyActiv kecuali aksen merah yang diberikan pada beberapa detailing interior mobil ini, untuk kabin penumpang belakang juga mendapatkan headroom dan legroom yang lebih lega dari Mazda2, serta bagasi belakang yang jauh lebih lega. Soal perangkat keselamata seperti Mazda i-Activsense tersedia di varian tertinggi, namun fitur-fitur seperti i-stop, stability dan traction control sudah menjadi standar di semua tipe.

Seru sebenarnya membahas Mazda CX-3 SkyActiv, namun apa daya Mazda belum menunjukan tanda-tanda untuk segera melahirkan mobil ini dalam waktu dekat, padahal jika diberikan harga yang tepat, mobil ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ragu dengan brand non Jepang dan durabilitas Honda HR-V yang belakangan ini banyak menghadapi masalah kualitas. Kalau masuk ke Indonesia, kiranya berapa harga yang pantas untuk mobil ini? Sampaikan dalam kolom komentar ya!

 

Baca Juga : Hyundai G90 Jadi Senjata Hyundai di Segmen High End