SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Bantarangin.NetTempat Wisata di Ponorogo Untuk Mengisi Tahun Baru. Daftar Tempat Wisata Di Ponorogo Dan Sekitarnya – Ponorogo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Nama Ponorogo sendiri berasal dari bahasa Jawa “Pramana” yang berarti rahasia dalam hidup atau kekuatan dalam hidup dan “Rogo” yang bermakna jiwa atau batin. Jadi Ponorogo berarti kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri termasuk amarah. Orang yang sudah bisa melakukan hal ini, berarti berada pada tingkatan dapat beradaptasi dimana pun berada. Versi lain juga menyatakan bahwa Ponorogo berarti “Pono”  adalah melihat dan “Rogo” artinya badan. Jadi Ponorogo adalah melihat ke dalam diri atau mawas diri. Kabupaten ini menyimpan begitu banyak kekayaan alam dan berdampak pada banyak nya objek wisata yang disediakan. Bukan hanya objek wisata alam namun Ponorogo juga kaya akan objek wisata budaya nya.

Beberapa Daftar Tempat Wisata Di Ponorogo Dan Sekitarnya :

1.Telaga Ngebel

Tempat Wisata di Ponorogo
Telaga Ngebel Ponorogo
Objek wisata telaga ngebel  ini terletak di Kecamatan Ngebel dan berjarak sekitar 24 kilometer di utara-timur Ponorogo. Udara telaga ini sangat sejuk karena berada pada ketinggian 734 mdpl sehingga mempunyai suhu sekitar 22 hingga 32 derajat celcius. Telaga ngebel  ini mempunyai luas sekitar 1,5 kilometer dan juga dikelilingi oleh jalan sepanjang 5 kilomter. Telaga ini menyajikan pemandangan alam yang masih sangat asri dan juga banyak ditumbuhi berbagai jenis buah buahan seperti pundung, manggis, dan durian. Anda juga bisa menemukan ikan khas yang sengaja dilindungi. Konon ada sebuah legenda yang mengawali terbentuknya danau ini, yakni dulunya ada seekor ular yang bermidatasi. Kemudian ular ini ditemukan oleh warga dan dipotong potong. Ternyata ular tersebut berubah menjadi seorang anak manusia. Anak manusia ini pun mendatangi warga untuk melakukan sayembara menyabut lidi yang tertancap di dalam tanah. Namun sudah banyak orang yang mencobanya tetap juga lidi ini tidak bisa tercabut. Dan anak tersebut mencabut lidi ini dan akhirnya bisa tercabut dan memancarkan air yang tidak pernah berhenti hingga akhirnya menjadi sebuah telaga yang sekarang.  Telaga ngebel  ini pun menyumbang sejarah yang penting untuk Ponorogo. Karena salah satu pendiri Ponorogo yang bernama Batoro Katong menyucikan dirinya di telaga ini sebelum menyebarkan agama Islam. Tempat dia mensucikan diri tersebut terkenal sebagai Kucur Batoro. Sudah terdapat fasilitas pendukung yang dibangun oleh pemerintah dan perusahaan swasta di sekitar telaga ini.

2.Taman Wisata Ngembag

2.Taman Wisata Ngembag ponorogo

 

Objek wisata ngembag ini terletak di Kec. Siman dan hanya berjarak sekitar 3 kilometer di sebelah timur dari Kota Ponorogo. Tempat wisata ngembag ini merupakan taman yang berisi sumber mata air dan juga dilengkapi dengan kolam renang. Bagi anda yang datang bersama anak, sudah terdapat juga taman bermain anak. Selain berfungsi sebagai taman, objek wisata ngembag ponorogo ini juga sering dijadikan tempat untuk panggung hiburan. Taman ini terselamatkan oleh pemerintah Ponorogo karena dulunya taman ini sangat kotor dan tak terawat.

3.Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk ponorogo

 

Air terjun pletuk ini terletak di dusun Kranggan, Desa Jurug, Kec.Sooko. Lokasinya terdapat di sebelah tenggara Kota Ponorogo. Objek wisata ponorogo yang satu  ini menawarkan kesejukan alam dan udara yang dingin karena berada di ketinggian 450 mdpl. Akses menuju objek wisata ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir  kesasar karena di sepanjang jalan menuju objek wisata ini terdapat papan petunjuk jalan. Begitu pun jika anda menggunakan kendaraan umum, bisa dimulai dari terminal bus Seloaji menaiki angkot jurusan Sooko. Anda cukup membayar Rp.5,000 untuk menuju Pasar Sooko. Setelah tiba di Pasar Sooko tinggal mencari ojek menuju objek wisata ini. Setelah masuk ke objek wisata ini anda langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu asri ditambah lagi air terjun dengan ketinggian 3 meter. Di kawasan pun sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas sebagai penunjang kenyaman wisatawan.

4.Hutan Wisata Kucur

Hutan Wisata Kucur ponorogo
Objek wisata Hutan Wisata Kucur ini terletak di Kec.Badegan dan hanya berjarak sekitar 20 km ke arah barat Kota Ponorogo. Hutan wisata ponorogo ini sangat unik karena di tengah hutan ini memiliki sumber air (kucur). Objek wisata ini sering dijadikan tempat untuk beristirahat bagi orang orang yang melakukan perjalanan yang panjang karena berada di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hutan ini bisa dimanfaatkan untuk bumi perkemahan dan juga menjadi taman nasional.

5.Goa Lowo Sampung Ponorogo

Goa Lowo Sampung Ponorogo

 

Gua Lowo ini terletak di Distrik Sampung dan hanya berjarak 20 kilometer dari kota Ponorogo. Objek wisata ini disebut Goa Lowo karena terdapat banyak kelelawar yang menjadi daya tarik suatu objek wisata yang berupa gua. Tidak banyak perbaikan yang terjadi di objek wisata Goa Lowo Sampung Ponorogo ini, sehingga anda masih akan menemukan situs arkeolog yang bernilai tinggi. Di sekitar objek wisata ini banyak terdapat pohon dan batu yang mengelilingi gua sehingga menambah kesan alami.

 

Beberapa Daftar Tempat Wisata Di Ponorogo Dan Sekitarnya lainnya yang bisa anda nikmati adalah Air Terjun Toyomerto, Mesjid Tegalsari, dan objek wisata budaya yakni Larung Risalah Doa.
Baca Juga Tempat Wisata Menarik :