SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Ramuan Tradisional Dari Bentis Alias Mengkudu
satu lagi, tumbuhan herbal yang banyak tumbuh di negara kita yakni Mengkudu. Tumbuhan yang merupakan anggota familia rubiacae ini dikenal dengan banyak nama

Bantarangin.NetRamuan Tradisional Dari Bentis Alias Mengkudu. Bentis alias Mengkudu satu lagi, tumbuhan herbal yang banyak tumbuh di negara kita yakni Mengkudu. Tumbuhan yang merupakan anggota familia rubiacae ini dikenal dengan banyak nama, diantaranya eode, eoru, keumudee, lengkudu, bangkudu, bentis, mengkudu (Sumatera); kudu, cangkudu, kemudu, pace, bentis (Jawa); tibah, wungkudu, ai kombo, manakudu, bakulu (Nusa Tenggara); mangkudu, wangkudu, labanau (Kalimantan).

Buah bentis dari tumbuhan ini mengandung alkaloida triterpen dan mempunyai sifat kimiawi dan efek farmakologis yang berkhasiat menghilangkan hawa lembab pada tubuh, membersihkan darah, meningkatkan kekuatan tulang, meluruhkan kencing (diuretik), melembutkan kulit, meluruhkan haid (emenagog), mengobagi cacingan, mengobati batuk dan sebagai pencahar.

Baca Tips Sehat Lainya :

  1. Khasiat Krokot Untuk Tubuh Manusia
  2. Teh Jahe, Melarutkan Batu Ginjal
  3. Bubuk Soda Kue Dan Madu Penyembuh Penyakit Paling Parah
  4. Susutkan Ukuran Lingkar Pinggang Dengan Cepat
  5. Mengatasi Rambut Kusut

Selain buahnya yang berkhasiat, kulit dari akar mengkudu mengandung morindin, aligarin-d-methylether, morindon dan soranjidiol. Morindon merupakan zat warna merah dan berkhasit sebagai pencahar. Soranjidil berkhasiat sebagai obat cacing gelang dan peluruh kencing (diuretik). Daun mengkudu mengandung protein, zat kapur, zat besi, karoten, dan aksorbin.
Bunga mengkudu mengandung glikosida antrakinon. Tanaman ini juga mengandung minyak menguap asam kapron dan asam kaprilat.

Ramuan Tradisional Mengkudu untuk Hipertensi
Buah mengkudu dapat digunakan secara tradisional sebagai obat Hipertensi, dikombinasikan dengan daun pandan wangi, sereh dan gula pasir secukupnya. Buah mengkudu yang sudah matang dan masih segar dicampur dengan 4 lembar daun pandan wangi, 3 batang sereh, 650 gram gula pasir dan air secukupnya.
Pertama didihkan 650 gram gula pasir dalam 1 liter air, aduk-aduk hingga semua gula dapat larut. Kemudian rebus daun pandan dan sereh dalam 500 ml air hingga mendidih, setelah mendidih diamkan sekitar 5 menit. Setelah dingin, blender buah mengkudu dengan air rebusan dan pandan wangi dan sereh tadi, kemudian saring. Tambahkan larutan air gula secukupnya hingga diperoleh rasa sesuai yang diinginkan. Minum 2 kali sehari sebelum makan dengan dosis 100ml sekali minum.

Semoga bermanfaat.

[Artikel ini disarikan dengan perubahan seperlunya dari Buku Tanaman Obat Untuk Mengatasi Penyakit Pada Usia Lanjut, karangan Dra. Herti Maryani dkk. penerbit Agromedia Pustaka]