SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :

honda jade masuk indonesia 2016 mendatanghonda jade masuk indonesia 2016 mendatang

 

 

Bantarangin.Net Honda Jade Masuk Indonesia 2016 Mendatang. Mungkin ini bukan berita baru, namun hembusannya kembali terangkat, Honda Jade akan muncul tahun 2016 di Indonesia?

Tapi bukan itu sih yang akan Bantarangin.Net bahas, maksudnya bukan lebih ke arah itu, namun lebih kepada sebesar apa sih kemungkinan Honda Jade dapat sukses jika dirinya masuk atau dibuat di Indonesia tahun 2016 nanti? Yuk disimak..

DESAIN

honda jade masuk indonesia 2016 mendatang

Jika kita membahas dari sisi desain sih, Honda Jade itu bisa dibilang Honda banget, dari sisi manapun signature alias ciri khas Honda mudah sekali didapat.. terutama jika dilihat dari emblemnya,

Honda Jade disebut sebut dibuat di atas platform Honda Stream terakhir.. pantas saja jika ada DNA sangat kental si Stream di sana.. Tidak berarti buruk, namun malah baik.. Honda dikenal memiliki sasis yang sangat mumpuni terutama dari sisi kepedulian terhadap handling, apapun jenis mobilnya..

Namun jika dikatakan Honda Jade memiliki desain gado gado antara Honda New City, New Jazz GK5, Stream bahkan Odyssey, ya gak salah juga wong satu pabrikan.. Yang jelas si Jade ini dibuat sebagai MPV dengan 7 tempat duduk alias 7 seater..!! Cocok deh buat di Indonesia yang kental nafas guyubnya..

Garis desain Honda Jade cenderung neat, sleek dan sophisticated.. tidak ada garis tajam yang edgy pada tubuhnya, lebih ke rounded alias membulat namun dengan baik tertutupi sehingga tidak terlihat chubby pada keseluruhan desainnya.. Berkelas dan kesan mewahnya dapet banget..

KEKURANGAN HONDA JADE

Memang masih sangat prematur berbicara kelemahan dari Honda Jade, namun kalau Bantarangin.Net boleh berkomentar, seperti halnya para saudaranya yang berjenis MPV, si Jade ini juga memiliki kelemahan yang sama, yaitu ground clearance alias ketinggian dari tanah ke bodi mobil..!!

Sudah menjadi rahasia umum jika jalanan Indonesia ini mulus banget (terbalik maksudnya hahaha)..makanya mobil mobil kelas perang seperti Xeniavanza, Innova, Fortuner, CRV, Pajero, RushTer cukup laris manis di pasaran, karena ya ground clearance yang tinggi dibandingkan dalam hal ini Honda Jade..

Selain jalanan yang buruk, konsistensi akan hadirnya banjir di musim penghujan juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan saat menebus mobil.. Kendaraan dengan jarak yang cukup tinggi dari tanah relatif aman ketika dihadang genangan air yang cukup tinggi.. Nah jadi pe-er nya Honda Jade kan?

PERFORMANCE ORIENTED MPV..!!

honda jade masuk indonesia 2016 mendatang

Nah lads, sekarang kita menuju apa yang menjadi kekuatan Honda selama ini.. Yakni sektor performa alias mesin dan teknologi.. Apa saja yang ditawarkan oleh Honda Jade? Ini ada review singkat dari Paul Tan, blogger/ jurnalis senior asal Malaysia, KBY terjemahkan bebas ya…

Honda Jade RS yang sudah dijual di Jepang ditenagai oleh mesin baru, yaitu 1500 cc VTEC Turbo! (Paul Tan tak berkata apa apa soal i-VTEC). Oh ya, sebuah MPV Honda yang berorientasi pada performa.. begitulah paling tidak..

Baca Juga Berita Otomotif Lainya :

  1. Honda Neowing, Motor Hybrid Beroda Tiga Dari Honda
  2. Konsep Taksi Jepang Toyota Hybrid, Akan Masuk Tokyo 2018
  3. Tanggapan Toyota Tentang Mahalnya Harga Innova
  4. BMW Sedan Kompak Baru di Pameran Guangzhou
  5. Skully AR-1, Helm Canggih Dengan Kamera Dan GPS

Honda bilang, mesin VTEC Turbo pada Honda Jade itu bertenaga, dengan akselerasi yang halus dan memiliki torsi yang kurang lebih sama dengan mobil bermesin 2400 cc.. Mesin turbo 1500 cc Jade RS ini menghasilkan tenaga sebesar 150 PS pada 5,500 RPM dengan torsi yang cukup raksasa untuk kelas 1500 cc yakni 203 Nm pada rentang 1,600 hingga 5,000 RPM, nendang lads!!

Mesin Turbo Direct Injection pada Honda Jade RS diklaim memiliki efisiensi bahan bakar sebesar 18 km/l. Hanya satu jenis transmisi yang ditawarkan untuk tipe ini yaitu otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) dengan mode paddle shift 7 kecepatan.. Transmisi CVT ini sudah disesuaikan untuk bersanding dengan mesin turbo.. Ajibb…

Selain mesin dan girbok baru, Honda juga memberikan settingan baru pada Honda Jade, yaitu settingan suspensi depan belakang yang lebih keras agar handlingnya bisa mengakomodir mesin turbo ini.. Depan diset 15% lebih keras sementara belakang kena 20%.. Hmm bakal jadi masalah gak nih di Indonesia hehe..

Selain itu, hadir pula fitur elektronic Agile Handling Assist (AHA) pada Honda Jade yang kinerjanya mirip dengan Vehicle Stability Assist.. membantu pengemudi memberikan tekanan rem pada ban yang membutuhkan ketika melibas tikungan dengan cepat.. Sasis Jade pun mendapat penguatan loh..

Bicara harga honda jade, jika dirupiahkan Honda Jade RS akan berada pada rentang harga Rp. 234 juta lebih (RM 75.000, RM1 = 3.126). Kalau di Indonesia? Perkiraan Bantarangin.Net sih akan berada di atas harga Honda Freed, yakni mulai dari Rp. 295 juta (tipe manual standar) hingga Rp. 380 juta (RS AT Turbo).. Gimana masuk akal gak?. sumber – Paul Tan

 

TOYOTA NEW INNOVA KILLER?

Kalau menurut Bantarangin.Net pribadi sih, definisi killer mungkin lebih dimaksudkan pada sisi penjualannya, karena jika kita adu head to head, Toyota New Innova lebih merupakan mobil perang karena sasisnya masih menggunakan platform truck alias ladder (cmiiw) yang tangguh di segala medan namun memiliki bobot yang berat sehingga berimbas pada konsumsi bbm-nya..

Sementara, Honda terkenal dengan selalu mempertahankan penggerak roda depan dan sasis ‘sedan’ alias monocoque yang lebih ringan dan nyaman.. Begitu pula yang diterapkan pada Honda Jade, apalagi platformnya berasal dari Honda Stream..

Jadi The Real New Innova killer kah Honda Jade? Bantarangin.Net rasa tidak, keduanya akan berjalan sendiri-sendiri.. Tapi bisa jadi juga pangsa pasar Innova terganggu jika fitur vs harga alias value for money yang diberikan Jade dapat diterima oleh masyarakat Indonesia..

Jika ingin sukses, Honda harus mempertimbangkan dengan bijak seputar harga yang akan diberikan pada Honda Jade, mengingat dimensinya sepertinya tidak akan lebih besar dari Odyssey dan rival Toyota New Innova.. Jika pas, maka siap-siap booming seperti yang terjadi pada Mobilio dan HRV..

Sementara prediksi mesin VTEC Turbo menurut Bantarangin.Net akan too good to be true dibuat di Indonesia, soalnya akan terpentok harga jual..bisa saja sih Honda Jade RS Turbo disetting pada kelas ala Honda HRV 1.8, yaitu menciptakan kelas sendiri..

Ada kemungkinan Honda Jade hadir di Indonesia, namun jika menelisik kebiasaan masyarakat lokal, bisa jadi Honda Prospect Motor merasa kehadiran Honda BRV CUV 7 seater sudah cukup..