SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :

Penyebab Dan Pencegahan Sariawan

Penyebab Dan Pencegahan Sariawan

Sariawan penyakit yang sering banget singgah di area mulut kita, tersiksa banget deh kalo si sariawan ini udah nempel. Makan jadi ga enak, perih, pengennya mulut terkunci terus dan males bicara. Saya sendiri dulu sering banget kena sariawan, malah yang sebentar itu bukan sariawannya tapi justru sembuhnya. Sembuh sebentar ga lama kemudian ada lagi. Saya mencari informasi dan konsultasi ke beberapa dokter. Dan akhirnya saya mendapatkan informasi apa penyebab sariawan dan pencegahannya. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan dan juga bisa kita jadikan untuk pencegahan juga :

1. Kurang vitamin C

  • Ya kurangnya Vitamin C merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya sariawan, apa sajakah yang menjadi sumber Vitamin C? Buah – buahan segar, sayuran warna hijau yang masih segar, dan ada juga vitamin C yang terdapat dalam olahan minuman maupun soft drink . Tapi alangkah baiknya jika kita mengkonsumsi Vitamin C yang lebih alami yang terdapat pada sayuran dan buah – buahan. Maka dari itu konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin C untuk mencegah timbulnya sariawan.

2. Tidak cocok atau alergi pasta gigi

  • Ketika saya memeriksakan gigi, saya bertanya apa yang menyebabkan timbulnya sariawan, dokter gigi tersebut mengatakan bahwa salah satu penyebab sering sariawan, bisa jadi karena kita tidak cocok dengan pasta gigi yang digunakan. Cobalah ganti pasta gigi kita yang kita gunakan sekarang, karena bisa jadi kita tidak cocok dengan pasta gigi yang dipakai sekarang. Benarkah itu? Saya sudah membuktikannya dan terbukti. Saya mencoba ganti pasta gigi yang saya pakai dan Alhamduilllah sariawan berkurang, saya sudah jarang menderita sariawan semenjak ganti pasata gigi.

3. Kurang tidur atau sering begadang

  • Saya mencari informasi kenapa saya sering banget kena sariawan tidak hanya pada satu atau dua dokter, tapi pada banyak dokter.¬† Seorang dokter ahli penyakit dalam atau internist di salah satu Rumah Sakit swasta di Bandung, beliau mengatakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan sariawan adalah karena kita kurang tidur atau sering begadang, saya pun mengakui saya sering banget tidur larut malam, entah itu kerja atau saya asik didepan layar komputer, saya kalau sudah ada didepan internet kadang lupa waktu. Jadi salah satu untuk mencegah sariawan, tidurlah yang cukup dan jangan sering begadang.

4. Daya tahan tubuh kurang

  • Daya tahan tubuh yang kurang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan, maka dari itu makan yang cukup yang tentunya banyak mengandung gizi, banyak minum air putih dan olah raga yang cukup. Dengan daya tahan tubuh yang bagus Insyaalloh kita terhindar dari sariawan.
5. Luka karena sikat gigi 
  • Sikat gigi memang penting untuk kebersihan dan juga kesehatan gigi. Namun saat gosok gigi harus berhati – hati karena sariawan bisa disebabkan juga karena saat gosok gigi tidak hati – hati dan juga tidak menggunakan sikat gigi yang tepat. Area mulut merupakan kulit yang lembut dan juga cukup sensitive, terkena goresan sedikit saja bisa menyebablan luka yang akhirnya menjadi sariawan. Pilihlah sikat gigi yang lembut untuk menghindari luka pada area mulut. Gantilah sikat gigi setelah tiga bulan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain terkena sikat gigi, kegigit juga bisa menyebabkan luka dan akhirnya jadi sariawan. Berhati – hatilah saat mengunyah, jangan terlalu cepat dan sebaiknya tidak mengunyah sambil berbicara untuk menghindari luka karena kegigit.
Itulah beberapa penyebab dan pencegahan untuk sariawan yang saya ketahui. Semoga bermanfaat, amin.