SUKAI HALAMAN INI JIKA ANDA BELUM MENYUKAI :
Cara Belajar Yang Mudah
Cara Belajar Yang Mudah

 

Belajar terkadang membosankan bagi seorang siswa. Padahal dengan cara ini mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi baru yang berguna untuk masa depannya.

Agar semua pelajaran bisa ditangkap dan diserap dengan baik, maka membutuhkan kenyamanan ketika belajar. Memang agar bisa konsentrasi dalam belajar, setiap orang memiliki gayanya masing-masing.

Supaya belajar serasa lebih mudah, apa saja tips yang bisa diterapkan?

1. Menciptakan suasana senyaman mungkin

Suasana yang kondusif dan nyaman memang sangat dibutuhkan saat belajar. Kondisi yang tenang sangat diharapkan, agar lebih fokus dengan apa yang sedang dipelajari. Sehingga pelajaran yang ingin dikuasai cepat tertangkap oleh otak. Ketika mudah memahami pelajaran itu, maka akan lebih mudah teringat lebih lama. Apalagi kalau ilmu itu sering diaplikasikan.

Memang terkadang ada orang yang suka sekali belajar sambil mendengarkan musik. Secara umum ketenangan mereka karena mendapat dukungan dari suasana musik. Jadi kalau ada kegaduhan lain yang mengganggunya, maka mereka juga akan sulit dalam berkonsentrasi. Inilah yang dimaksud dari suasana yang kondusif yang tergantung dari setiap orang.

2. Membuat catatan kesimpulan

Setiap pembahasan tertentu bisa diambil benang merahnya atau garis besarnya. Dengan begitu tidak harus membaca ulang seluruh pembahasan topik tertentu saat ingin mengingatnya kembali. Garis besar atau kesimpulan ini bisa dibuat cacatan khusus, sehingga lebih mudah menemukannya.

3. Belajar sedikit tapi rutin dilakukan

Terkadang belajar dilakukan dengan terlalu banyak, sehingga bukannya menangkap pelajaran tersebut tapi malah lupa semuanya. Sangat penting untuk belajar dalam porsi sedikit atau sebentar, tapi dilakukan secara teratur. Semisal belajar setengah jam setiap hari, bukan belajar tiga jam seminggu sekali. Karena porsi belajarnya sedikit maka akan lebih mudah terserap dan dipahami. Ketimbang belajar terlalu banyak atau lama, tapi tidak ada satupun yang dipahami.

4. Jangan belajar dengan sistem kebut semalam

Terkadang seorang siswa atau mahasiswa baru akan belajar, kalau keesokan harinya akan menempuh ujian. Sistem belajar kebut semalaman akhirnya akan dilakukan. Padahal cara ini sangat keliru, karena bukanya menangkap apa yang telah dipelajari. Tapi malah tidak mengingatnya sama sekali dan mengalami kantuk hebat. Karena porsi tidur yang tidak mencukupi.

Biasanya karena terlalu pusing untuk menghafal semua materi pelajaran, maka mereka akan membuat contekan untuk membantunya saat mengerjakan soal ujian. Sangat jelas cara ini sangat fatal akibatnya. Selain merugikan diri sendiri, karena proses belajarnya selama ini tidak ada gunanya. Juga kalau ketahuan mencontek, maka akan mencoreng nama baik dan akan mendapatkan hukuman tertentu.

5. Belajar dan diskusi bersama dengan teman

Belajar sendiri terkadang memang membosankan, agar rasa ini hilang, sangat disarankan untuk belajar bersama dengan rekan. Cara belajar ini sebaiknya diisi dengan diskusi, agar mematangkan materi pelajaran yang didapatkan. Dalam diskusi ini bisa saling mengemukakan permasalahan materi pelajaran tertentu yang mungkin belum bisa dipahami. Teman yang sudah memahaminya bisa menerangkan dengan lebih jelas.

Setiap orang yang terlibat di dalam diskusi itu harus aktif. Sehingga setiap orang bisa saling meningkatkan kemampuan atau pemahaman materi pelajaran tertentu. Kalau di dalam kelas biasanya memang terkesan formal, sehingga terkadang siswa enggan atau malu untuk bertanya kepada pengajar. Tapi pada forum diskusi atau belajar bersama ini suasananya sangat santai. Jadi proses belajar bisa mengalir dengan santai dan tanpa beban. Pemahaman atas pelajaran tersebut, tentunya sangat berharga tidak hanya di saat menghadapi ujian saja.